Taman Mini Indonesia Indah

berhubung postingnya tentang Indonesia, jadi sekali-sekali pengen juga nulis pake bahasa Indonesia.. *kaya bahasa inggrisnya bagus aja tal :)) *

Jadiii, awal Januari kemarin ini, saya sekeluarga iseng-iseng pengen piknik. Udah lamaaaa banget yang namanya pergi piknik-piknikan begini. Dulu waktu masih kecil sih, keluarga masih rajin ngadain kumpul keluarga sambil piknik. Seru bangettt, bawa makanan sendiri, main-main sama sepupu-sepupu, siapa yang dulu suka piknik bareng keluarga? Saya pribadi emang tipe orang yang lebih seneng main dialam, main permainan outdoor, makanya suka sedih dan geregetan kalo ngeliat adek-adek sepupu sekarang ini mainnya cuma duduk aja sambil mantengin Ipad,PSP,BB, atau apalah gadget-gadget canggih itu. Emang sih, ngga bisa dipungkiri kemajuan teknologi sekarang berdampak banyak banget sama anak-anak. Tapi kasian otak dan matanya kalo terus-terusan harus ngeliatin grafis-grafis yang ada di gadget-gadget itu, belum lagi kalo permainannya brutal.  Makanya saya bercita-cita (Amin InsyaAllah) kalo anak saya lahir, pengen banget lebih banyak ngenalin dia dengan alam dan permainan-permainan outdoor dan olah tubuh.

Nah jadi, pilihan piknik saya dan keluarga kemarin adalah ke Taman Mini Indonesia Indah. Selain deket dari rumah, tiket masuknya pun terjangkau, kalo ngga salah kemarin itu berlima didalam mobil seharga Rp 55.000 udah termasuk mobil loh!. Kebetulan waktu kemarin itu lagi musim anak sekolah libur. Tapi, musim hujan gede juga. hehehe… tapi kita nekat ajalah. Pas masuk, yang penuh itu adalah kolam renangnya alias Snowbay. Parkirannya sampe bikin jalur masuk lumayan tersendat. Sementara, anjungan-anjungannya dan museum-museumnya super duper sepi :(.

Saya pribadi rada sedih, bukan apa-apa, ngga salah juga sih kalo anak-anak lebih suka main air. Cuma, berapa banyak anak-anak sekarang yang tau bentuk-bentuk rumah adat tradisional di Indonesia sih? Berapa banyak anak-anak yang hapal tari-tarian daerah? Makanan daerah? Baju daerah? Suku-suku di Indonesia?. Kemarin aja, adik-adik sepupu saya cukup terkagum-kagum ngeliat anjungan-anjungan daerah yang cuma kita puterin beberapa kali. Itupun ngga semuanya. Dan ternyata mereka antusias kok.

Dan yang paling bikin saya prihatin adalah museumnya. Saya pernah juga ngajak adik sepupu yang rada besar, sekitar SMP pada saat itu untuk keliling museum di TMII, tapi pas masuk, spoookyyy abiiiissss. Dan cuma kita bertiga doang yang ada dimuseum itu. Terus pas hampir selesai ngelilingin museum, kita sampe ngibrit karena saking spookynya! hahahaha…

Piknik kemarin itu terasa kurang, karena faktor cuaca. Soalnya,sebentar-sebentar hujan jadinya kita bolak balik masuk mobil. Akhirnya cuma kedapetan ngunjungin beberapa rumah anjungan. Salah satunya rumah adat Sumatera Barat. Pas masuk, saya rada shock, karena patung-patung yang pake bermacam-macam baju adat Sumatera barat itu jadi cuma sedikiiiiiit bangetttt, bisa diitung pake sebelah tangan T.T. Padahal, justru dari TMII itulah saya tahu kalo ternyata, Sumatera Barat itu ngga cuma punya satu atau dua jenis pakaian adat. Tapi banyak bangetttt, serius deh, dan bagussss-baguuusss.

Saya ngga pernah bosen ke TMII entah kenapa, hehehe… walaupun temen-temen saya suka banyak yang ngeledekin kalo saya suka pergi keTMII cuma untuk sekedar jalan-jalan iseng :p.

Well, mudah-mudahan nanti udah ada foto bareng si dedek pas saya posting tentang sisi lain TMII yaa..hihihi, dan semoga, saat anak cucu saya besar nanti, TMII dan museum-museum di Indonesia khususnya jakarta udah jauuuuh lebih baiik lagi kondisinya. Sayang banget aset negri dicuekin gitu aja :(,ngga ada salahnya juga lho ngajarin adik-adik kita atau anak kita tentang Indonesia tapi sambil main. Alternatif jalan-jalan yang murah meriah tapi penuh ilmu pengetahuan juga.

love,

Tal

2 thoughts on “Taman Mini Indonesia Indah

  1. hihihihi berasa dejavu baca postingan tamanmini di blog ini 😉
    bedanya sekarang blognya terasa lebih berwarna gak seserius dulu :p hihihi
    apakah ini pengaruh babynya yaa? hihhihi

  2. TFL says:

    huaaa ennoo, hihihiii… iya kali yaaa.. ga tau juga niihh,gara2 calon dedek bayinya cewe kali yah jd rada2 centil ibunya.. ntar kalo udah lahir, ndak tau deh tampilan blognya kaya apa lagii..hehehe, which one better no? 😀

Leave a Reply

