Nala meets the world for the first time :)

dear Nala,

kalo suatu hari kamu baca ini.. ini beberapa penggalan cerita kamu saat ibu lahirkan kamu ya nak.. banyak cerita lucu, menggemaskan, menyenangkan sampe yang bikin ibu nangis juga ada 🙂

Sesaat setelah Nala lahir, ya pasti dibersihkan dan ibunya dijait atau bahkan diobras hehehe.. 2 jam didalam ruang bersalin, saya udah boleh turun sendiri untuk pipis pertama kali dikloset. O MY GOD! BLOODDD! saya sih ngga ngerasa orang yang parno banget sama darah. tapi emang biasanya kalo ngeliat darah apalagi banyak langsung lemes. Alhamdulillah sih belum sampe pingsan (jangan juga sih). Enaknya lahiran normal ya kaya gitu, siibu bisa langsung turun jalan2 bahkan paginya saya mandi sendiri keramas dikamar mandi. tapi masih parno bab.

okey, Nala rooming in for the first time dan ibu had no idea how to breastfeed. BOK! sebelum nyusuin, saya ngebayangin breastfeed tuh akan geli-geli dan saya bakal ketawa-tawa dan saya bukan orang yang tahan geli hahaha (what a stupid imagination). TAPI TERNYATA! nyusuin itu sakiiiiitttttt! :(((. malam pertama Nala sekamar masih ada mama yang ikutan nginep juga, tapi mama tidur. kasian udah seharian ngga tidur karena nungguin saya. Nala masih nangis-nangis terus karena belum dapet susu sebanyak yang dia mau. terus saya masih bingung dan capek banget sejujurnya, tapi setelah seharian berjuang mules induksi dan ngelahirin, malam itu pun ngga bisa tidur karena jagain Nala dan gendong dia yang nangis terus :(.

Besoknya, pas Nala diambil untuk dimandiin baru saya bisa tidur walau cuma sebentar. Dan tamu juga banyak yang dateng, jadilah saya ngga bisa banyak istirahat. Alhamdulillah ASI saya sudah banyak kalau kata konselor Laktasi dan dokter anaknya. jadi ga perlu khawatir cuma tinggal belajar nyusu aja ibu dan anaknya.

Malam kedua, mama udah pulang. jadilah tinggal saya dan suami yang ada dikamar jagain Nala. Saking blank nya, sampe Nala cegukan pun kita panggil suster hahaha. Udah gitu, Nala kalau nangis kenceeeng bangett dan susah didiemin pada saat itu sampe-sampe susternya ngecek kekamar. Alhamdulillah suster-suster disana helping semua dan baiikkk bener padahal udah ngerasa ngga enaak banget bentar-bentar manggil perasaan.

hari ke 3, cek bilirubin. dan hasilnya bilirubin Nala lebih tinggi dari batas normal. kalau ngga salah waktu itu bilirubinnya Nala sekita 11 koma sekian. daaann saat ditanya golongan darah saya apa, dengan santainya kayanya O padahal saya sebenernya ngga yakin juga. dokter langsung blingsatan, kalau darah saya O berarti Nala dikhawatirkan akan mengidap Hemolytics Jaundice (kalo ngga salah) yang berarti kuning karena beda golongan darah karena gol darah Nala A dan suami saya B. dan dokter memaksa untuk melakukan penyinaran pada Nala jika benar kasusnya. Plus mertua juga udah mengiyakan apa kata dokter. hiks, udah mewek aja sama suami ngga mau Nala disinar yang berarti harus ninggalin Nala beberapa hari di rumah sakit. Ngga lama, suster nawarin untuk cek ulang aja golongan darah saya. yaudah saya langsung iyain dan berharap kalau perkiraan saya yang bodoh itu salah. Dan bener aja, ternyata gol darah saya AB. TETOT! langsung legaaaaa!!

Seumur hidup akhirnya saya tahu kalo gol darah saya AB hahahaha. Kebodohan saya itu hampir aja bikin Nala disinar :(. Akhirnya kita siap-siap untuk pulang walau tadinya disuruh istirahat lagi barang sehari dua hari di rs. malah ngga bisa istirahat maaa :((.

And we’re finally home Nala :’)

ps: next post nya saya bakal cerita keseruan breastfeeding yaa